Tim Laborat Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Kunjungi Lembaga Mitra Magang

             Senin-Selasa, 26-27 Februari 2024, Tim Laborat Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung melakukan kunjungan ke beberapa lembaga mitra Magang yang tersebar di beberapa wilayah Tulungagung, Blitar, Kediri dan Trenggalek. Setidaknya ada 18 lembaga yang menjadi tujuan kunjungan ini.

             Tim laborat di bagi menjadi 2, satu dengan rute Tulungagung, Blitar dan Kediri. Adapun tim kedua dengan tujuan Tulungagung dan Trenggalek. Tim pertama adalah Kepala Laboratorium Ilmu Tarbiyah FTIK, Muhamad Zainul Arifin, M.Pd.I., ditemani oleh Syafi’i, Laboran pada Laboratorium FTIK. Adapun Tim Kedua adalah Kepala Laboratorium Bahasa FTIK, Dr. Muhamad Fatoni, M.Pd,I ditemani oleh Bagus Setiawan, M.Pd. Tim pertama dengan tujuan 9 lembaga mitra di wilayah Tulungagung, Kediri dan Blitar. Sementara tim kedua dengan tujuan Tulungagung dan Trenggalek.

              Kami masuk tim kedua, dengan tujuan sembilan lembaga di wilayah Tulungagung dan Trenggalek. Hari pertama tujuan kunjungan adalah ke MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan, RA Miftakhul Huda Karangsono, MI Hidayatut Tolibin Kalidawir, SMPN 1 Kalidawir dan SMAN 1 Durenan Trenggalek. Adapun hari kedua adalah ke MTsN 1 Tulungagung, MAN 1 Tulungagung, SMAN 1 Tulungagung, dan MTsN 1 Trenggalek.

             Tujuan kunjungan kali ini adalah dalam rangka koordinasi dengan lembaga mitra terkait dengan akan dimulainya Magang 1 semester genap tahun akademik 2023/2024. Berdasar jumlah pendaftar peserta tahun ini, ada penurunan jumlah peserta magang. Oleh sebab itu, hal ini berdampak pada distribusi para peserta di lembaga mitra. Beberapa lembaga mitra terpaksa tidak bisa ketempatan. Oleh sebab itu, kunjungan ini dilakukan untuk menjelaskan sebab-musababnya agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan lembaga mitra. Jika di tahun mendatang jumlah peserta mengalami penambahan, maka tempat tersebut bisa dijadwalkan lagi sebagai lokasi magang.

            Selain itu, kunjungan ini juga dimaksudkan untuk melakukan sosialisasi kepada lembaga mitra yang pada tahun ini ditunjuk sebagai lokasi magang bagi khusus mahasiswa MPI. Berdasarkan hasil rapat kerja, atas usulan dari beberapa pihak, khusus peserta magang dari prodi MPI akan ditempatkan di lembaga yang sama. Artinya, dalam satu lembaga yang ditunjuk tersebut semua peserta magangnya adalah mahasiswa MPI. Hal ini dimaksudkan agar nantinya dosen pembimbing magang di lembaga tersebut adalah dari Dosen dengan spesifikasi keilmuan MPI, bukan yang lain. Harapannya, tentu agar mahasiswa MPI bisa memaksimalkan praktik magang mereka di bawah bimbingan dari dosen yang benar-benar ahli dalam bidangnya.

              Magang 1 ini direncanakan dimulai 12 Maret 2024 sampai dengan 25 Mei 2024. Dengan koordinasi yang baik antara pengelola Laboratorium FTIK dan Lembaga Mitra diharapkan semua kegiatan magang bisa berjalan dengan baik, lancar, dan maksimal. (Muhamad Fatoni – Pengelola Laboratorium FTIK).