Sosialisasikan Teknis Pelaksanaan Magang II kepada Dosen Pembimbing Magang (DPM), Laboratorium FTIK: Meminimalisir Keluhan Pihak Sekolah

                  Sosialisasi Magang II tahun ini dilaksanakan pada Hari Selasa, 12 September 2023. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit ini diikuti oleh hamper seluruh DPM. Sosialisasi yang dipandu oleh pengelola laboratorium FTIK, M. Zainul Arifin, M.Pd.I. selaku MC dimulai pada pukul 09.00 WIB. Setelah pembukaan dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian teknis Magang II bagi DPM yang disosialisasikan langsung oleh Kepala Laboratorium FTIK, Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd.

                   Penyampaian teknis Magang II diawali dengan sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan I, Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa hubungan antara fakultas dengan Lembaga mitra sudah baik, hubungan yang sudah baik ini dimohon untuk dipertahankan. Bapak ibu Dosen Pembimbing Magang diharapkan untuk membimbing mahasiwa dengan sungguh-sungguh agar seluruh mahasiwa dapat menyelesaikan magang dengan baik dan tuntas. Wadek I juga mengimbau kepada seluruh DPM untuk meniatkan kegiatan pembimbingan magang sebagai ibadah. “Mohon keikhlasannya untuk menjaga kelancaran kegiatan pembimbingan magang dengan mahasiswa”, tambah wakil dekan bidang kurikulum ini.

                Acara sosialisasi dilanjutkan dengan penyampaian teknis pelaksanaan Magang II oleh Kepala Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kalab FTIK menyampaikan alur pelaksanaan Magang II yang diawali dengan pengambilan surat pengantar magang II oleh mahasiswa yang kemudian mahasiswa mengantarkan surat tersebut ke sekolah. Kegiatan Magang II dilaksanakan mulai tanggal 13 September hingga 18 November 2023. Dalam kurun waktu dua bulan ini mahasiswa program studi (prodi) pendidikan melakukan revisi perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum lembaga saat ini. Kewajiban mahasiswa prodi pendidikan lainnya adalah melaksanakan praktik mengajar terbimbing sebanyak enam kali pertemuan dan praktik peer teaching 1 kali dalam tiap kelompok. Sedangkan mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) berkewajiban untuk merevisi RKAK yang telah disusun dengan disesuaikan dengan kondisi Lembaga saat ini. Kewajiban selanjutnya mahasiswa MPI adalah melaksanakan praktik pengelolaan pendidikan. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa pada Magang II akan dinilai oleh DPM dengan format penilaian dan kriteria penilaian seperti yang dijelaskan dengan detail oleh Ibu Kepala Laboratorium FTIK.

                     Kegiatan sosialisasi kali ini tidak ada sesi tanya jawab antara audiens dengan pemateri. Pemateri mengganti sesi ini dengan pemaparan hal-hal yang menjadi perhatian khusus dalam pelaksanaan Magang II. Hal-hal tersebut diantaranya adalah pembimbingan ekstra bagi DPM untuk membimbing mahasiswa magang tahun ini karena mahasiswa magang II tahun ini merupakan mahasiswa angkatan kuliah daring sejak di awal perkuliahan. DPM diharap dapat mengingatkan dan mendorong mahasiswa untuk selelau berpartisipasi aktif Ketika berada di sekolah mitra magang.   Kegiatan sosialisasi ditutup dengan pembacaan Hamdallah dan pengisisian daftar hadir yang dipimpin oleh MC. (Pengelola Laboratorium FTIK)