Sosialisasikan Teknis Pelaksanaan Magang II Tahun 2024, Laboratorium FTIK Upayakan Pelaksanaan Magang di Lembaga Lebih Baik dari Tahun Sebelumnya

Kegiatan sosialisasi Teknis Pelaksanaan Magang II Tahun 2024 bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dilaksanakan pada selasa siang (17/09). Sosialisasi yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting dan Live Youtube FTIK UIN SATU Tulungagung ini turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Acara yang digelar secara rutin setiap menjelang pelaksanaan magang ini dipandu oleh pengelola laboratorium FTIK, Diana Eka Saputri, S.Pd. yang bertindak sebagai pembawa acara.

Setelah pembukaan oleh pembawa acara kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Laboratorium Jurusan Tarbiyah, Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I. yang bertindak sebagai koordinator pelaksanaan Magang Tahun 2024. Dalam sambutannya beliau memberikan selamat kepada mahasiwa peserta Magang II karena telah lulus mata kuliah Magang I. “Selamat dan sukses kepada mahasiswa yang telah mengikuti Magang I dan dinyatakan lulus sehingga bisa ikut di proses berikutnya yaitu di Magang II Tahun 2024, karena ada beberapa mahasiswa yang tidak lulus Magang I, sehingga tidak bisa mengikuti Magang II”. Kalab Tarbiyah berharap kawan-kawan mahasiswa bisa mengikuti Magang II dengan baik dari awal hingga akhir, sehingga dinyatkan lulus dan dapat melanjutkan proses akademik lainnya. Mahasiswa Magang II dituntut untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di Magang I dan selama perkuliahan dalam pelaksanaan praktik mengajar terbimbing di sekolah-sekolah tempat magang. Mahasiswa peserta Magang II dihimbau untuk terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Dosen Pembimbing Magang (DPM) maupun Guru Pamong Magang (GPM).

Acara dilanjutkan dengan pemberian pengarahan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Sutopo, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa mahasiswa magang ketika di sekolah harus mengikuti aturan sekolah dengan baik. Mahasiswa juga diminta untuk senantiasa menjaga sopan santun selama berinteraksi di lembaga mitra. “Saya selaku pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mengimbau kepada saudara sekalian untuk bekerja bersama dalam rangka mensukseskan Magang II ini dengan cara menghindari hal-hal yang menjadi evaluasi di Magang I”, tambah Dekan FTIK.

Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan penyampaian teknis pelaksanaan Magang II bagi mahasiswa oleh Kepala Laboratorium Jurusan Pendidikan bahasa, Dr. Muhamad Fatoni, M.Pd.I. Beliau menyampaikan alur pelaksanaan Magang II Tahun 2024, yang diawali dengan pengambilan surat pengantar Magang di kantor lab FTIK yang kemudian surat tersebut diserahkan ke sekolah mitra magang dan diakhiri dengan penutupan Magang II yang dihadiri oleh DPM di lembaga mitra. Selanjutnya beliau menampilkan jadal pelaksanaan Magang II, yakni mulai 18 September hingga 30 November 2024. Pelaksanaan Magang II ini dibedakan berdasarkan prodi, yakni prodi pendidikan dan prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Mahasiswa prodi pendidikan wajib melakukan praktik mengajar terbimbing minimal sebanyak enam kali pertemuan. Praktik mengajar terbimbing ini menggunakan perangkat pembelajaran yang telah disusun pada pelaksanaan Magang I semester yang lalu. Mahasiswa prodi pendidikan juga memiliki kewajiban untuk melaksanakan praktik Lesson Study sebanyak satu kali dalam satu kelompok yang tergabung dalam satu sekolah mitra magang. Sedangkan mahasiswa prodi MPI wajib melaksanakan praktik pengelolaan pendidikan berdasarkan Term of Reference (TOR) dan Kerangka Acuan Kerja (KAK) yang telah disusun pada Magang I yang lalu. Disampaikan pula tata tertib peserta Magang II, yang salah satunya mengatur tentang cara berpenampilan mahasiswa selama di sekolah. Mahasiswa wanita tidak diperkenankan memakaki cadar, sedangkan mahasiswa pria tidak diperkenankan berambut gondrong. (Pengelola Laboratorium FTIK)