Laboratorium FTIK Laksanakan Sosialisasi Teknis Pelaksanaan Magang II kepada Dosen Pembimbing Magang (DPM)

Sosialisasi Magang II Tahun 2024 ini dilaksanakan pada Hari Selasa, 17 September 2024. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam ini diikuti oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) FTIK. Sosialisasi yang dipandu oleh pengelola laboratorium FTIK, Diana Eka Saputri, S.Pd selaku pembawa acara ini dimulai pada pukul 09.30 WIB. Setelah pembukaan dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Laboratorium Jurusan Tarbiyah, Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I. selaku koordinator kegiatan Magang II Tahun 2024. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sejumlah 1616 mahasiswa dari 12 program studi di FTIK terdaftar dalam peserta Magang II Tahun 2024. Jumlah ini terbilang lebih sedikit daripada jumlah peserta Magang I dikarenakan sejumlah mahasiswa tidak lulus di Magang I yang merupakan mata kuliah prasyarat dari Magang II. Beberapa mahasiswa lainnya yang tidak mendaftar Magang II di tahun ini dikarenakan sedang mengambil cuti kuliah. Kepala Laboratorium yang juga merupakan dosen prodi Manajemen Pendidikan Islam ini juga menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung kepada enam orang Dosen Pembimbing Magang yang baru, dikarenakan harus menggantikan tugas pembimbingan DPM sebelumnya karena sedang melaksanakan tugas belajar dan cuti.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Sutopo, M.Pd. Beliau mengharapkan Bapak Ibu Dosen Pembimbing Magang dapat membimbing mahasiswa dengan sungguh-sungguh agar seluruh mahasiwa dapat menyelesaikan magang dengan baik dan tepat waktu. Dekan FTIK juga menegaskan kepada DPM dan Pengelola Laboratorium untuk senantiasa membimbing mahasiswa terkait dengan sopan santun, etika, dan cara berpakaian mahasiswa selama pelaksanaan Magang II, karena mahasiswa yang terjun ke sekolah-sekolah ini merupakan duta kampus Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggaung. Sehingga harus menjaga nama baik kampus yang tercermin melalui cara berpakaian dan sopan santunnya selama di sekolah.

Acara sosialisasi dilanjutkan dengan penyampaian teknis pelaksanaan Magang II oleh Kepala Laboratorium Jurusan Pendidikan Bahasa, Dr. Muhamad Fatoni, M.Pd.I. Beliau menyampaikan alur pelaksanaan Magang II yang diawali dengan pengambilan surat pengantar Magang II oleh mahasiswa yang kemudian mahasiswa mengantarkan surat tersebut ke sekolah. Kegiatan Magang II dilaksanakan mulai tanggal 18 September sampai dengan 23 November 2024. Dalam kurun waktu dua bulan ini mahasiswa program studi (prodi) pendidikan melakukan revisi perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum lembaga saat ini. Kewajiban mahasiswa prodi pendidikan lainnya adalah melaksanakan praktik mengajar terbimbing sebanyak enam kali pertemuan dan praktik peer teaching 1 kali dalam tiap kelompok. Sedangkan mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) berkewajiban untuk merevisi RKAK yang telah disusun dengan disesuaikan dengan kondisi Lembaga saat ini. Kewajiban selanjutnya mahasiswa MPI adalah melaksanakan praktik pengelolaan pendidikan. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa pada Magang II akan dinilai oleh DPM dengan format penilaian dan kriteria penilaian seperti yang dijelaskan dengan detail oleh Kalab Pendidikan Bahasa.

Kegiatan sosialisasi pada pagi ini tidak dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, namun lebih kepada pemberian masukan untuk perbaikan pelaksanaan Magang FTIK ke depan. Masukan tersebut disampaikan oleh Beni Ashyar, S.Si., M.Pd. yang merupakan salah satu DPM. Masukan ini diterima dengan baik oleh Laboratorium FTIK, yang dalam hal ini ditanggapi oleh Dr. Muhamad Fatoni, M.Pd.I. Beliau menyampaikan bahwa masukan yang baik dari DPM ini akan disampaiakan kepada mahassiswa saat sosialisasi pelaksaanaan Magang II bagi Mahasiswa yang akan dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB nanti. Kegiatan sosialisasi ditutup dengan pembacaan Hamdallah yang dipimpin oleh pembawa acara. (Pengelola Laboratorium FTIK)