Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Adakan Kerja Sama dengan 134 Sekolah untuk Menunjang Kegiatan Pembelajaran Mahasiswa, Pimpinan FTIK Laksanakan Penandatanganan Kerja Sama di Empat Sekolah Perwakilan

               Pada Hari Selasa, 2 Juli 2024 dan Hari Jumat, 5 Juli 2024 jajaran pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mengunjungi empat sekolah yang menjadi perwakilan penandatanganan kerja sama dari 134 sekolah negeri dan swasta yang tersebar di Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, dan Kabupaten Kediri. Sekolah-sekolah yang menjalin kerja sama dangan FTIK terdiri atas seluruh jenjang yakni TK, RA, SDI, MI, SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA. Banyaknya jenjang sekolah kerja sama ini untuk mengakomodir seluruh program studi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

               Kolaborasi antara FTIK dengan 134 sekolah ini akan membuka peluang baru bagi kemajuan pendidikan baik untuk FTIK UIN Sayyid Ali Rahmatullah tulungagung maupun untuk sekolah mitra. Kerja sama yang diselenggarakan meliputi kegiatan di bidang pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan keilmuan, dan pengabdian kepada masyarakat. Program pendidikan dan pembelajaran meliputi penyusunan, review, dan standarisasi kurikulum, serta kolaborasi dalam pembelajaran yang meliputi program Magang, PPL, dan PPG bagi mahasiswa di sekolah mitra.

                Program penelitian dan pengembangan keilmuan meliputi pertukaran naskah jurnal atau artikel ilmiah antara kedua belah pihak, serta penelitian dan penulisan karya ilmiah Bersama dosen dan guru dalam bentuk buku, book chapter, dan artikel. Sedangkan program pengabdian kepada masyarakat meliputi kegiatan pengabdian dosen di lembaga sekolah mitra dan pengadaan forum ilmiah (lokakarya, seminar, symposium, dan workshop). Kerja sama sebagaimana disebutkan di atas berlangsung dalam jangka waktu 4 (empat) tahun sejak ditanda tangani, dan dapat diperbarui atau diakhiri berdasarkan persetujuan kedua belah pihak. Selama kerja sama berlangsung akan dilaksanakan evaluasi secara berkala.

                Pada Tanggal 2 Juli 2024 rombongan pimpinan FTIK yang terdiri atas Dekan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama, serta Kepala Laboratorium Jurusan Tarbiyah selaku koordinator pelaksanaan magang mahasiswa mengunjungi SMPN 1 Tulungagung dan MAN 2 Tulungagung untuk melaksanakan penandatanganan Naskah Kerja Sama. Di MAN 2 Tulungagung turut dihadiri pula Kepala Madrasah, Drs. Muhamad Dopir, M.Pd.I. Begitu pula dengan SMPN 1 Tulungagung yang dihadiri oleh Sumani, S.Pd., M.Pd  selaku kepala sekolah.

               Pada Jumat, 5 Juli 2024 pimpinan FTIK berkenjung ke sekolah-sekolah di Kabupaten Blitar yakni SMAN 1 Srengat dan MAN 1 Blitar. Hadir pula dalam kegiatan tersebut pimpinan dari masing-masing lembaga. Tepat setelah memberikan penjelasan tentang tujuan kerja sama, kedua pimpinan lembaga bersama-sama menandatangani perjanjian kerja sama yang mengikat. Dokumen yang ditandatangani tersebut menegaskan komitmen kedua belah pihak untuk saling mendukung dalam pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas pengajaran, dan pemberdayaan staf pengajar.

              Kedua belah pihak bersepakat untuk mengadakan kerja sama dalam penunjangan kegiatan pembelajaran mahasiswa di FTIK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung untuk meningkatkan dan memupuk hubungan kelembagaan antara kedua belah pihak. Sejumlah 130 sekolah lembaga mitra lainnya juga turut bersepakat dalam kerja sama yang dilaksanakan. Kerja sama yang dibangun tersebut diwakili oleh kunjungan para Dosen Pembimbing Magang FTIK di masing-masing sekolah dengan membawa serta dokumen naskah kerja sama. (Pengelola Laboratorium FTIK)